Senin, 16 Juni 2014

Prakata, Pintu Masuk Ke Dunia Filsafat

Prakata

Filsafat mempunyai sejarah yang sangat panjang. Filsafat lebih tua dari pada semua ilmu dan kebanyakan agama. Walaupun demikian filsafat bagi banyak orang merupakan sesuatu yang kabur, sesuatu yang kelihatannya tidak berguna, tanpa metode, tanpa kemajuan dan penuh perselisihan pendapat.

Suatu pengantar filsafat tidak akan menjawab semua pertanyaan mengenai filsafat. Yang dapat -- dan itu dicoba dalam pengantar yang singkat ini -- adalah: memperkenalkan filsafat sebagai bagian dari usaha manusia yang lebih besar, yaitu usaha untuk mengerti dunia. Dalam Bab I diuraikan tugas filsafat di samping ilmu pengetahuan. Bab II memberikan suatu "peta" dari cabang-cabang filsafat. Bab III merupakan ikhtisar dari sejarah filsafat Timur dan Barat. Dalam Bab IV memberikan sejumlah petunjuk untuk studi pribadi.

Kata Kierkgaard, "Hidup manusia baru dimengerti dari belakang, tetapi harus dijalani dari depan." Kesukaran yang sama berlaku untuk studi filsafat. Makna filsafat tak akan menjadi jelas berkat uraian-uraian yang diberikan dalam suatu buku pengantar. Arti filsafat baru mulai dimengerti setelah studi yang lebih lanjut.

Semoga pengantar ini bermanfaat sebagai langkah pertama bagi mereka yang mulai belajar filsafat, dan bagi semua yang tertarik kepada filsafat sebagai lapangan diskusi untuk pertanyaan-pertanyaan dari semua jaman.

Yogyakarta, 16 Juli 1980.

1 komentar:

  1. nier titanium alloy in 3-5-5/6mm | The Fast and
    nier titanium alloy. grade 23 titanium This item includes a number of products in various categories, such as the fine print, art, titanium cookware decorative, and smith titanium decorative titanium daith jewelry arts. titaum

    BalasHapus